REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA
Rencana Bisnis : Pengadaan Jasa
Pembuatan Kado Unik
Berbicara mengenai dunia bisnis tentu
tidak luput dari pembahasan sebuah perusahaan, wiraswasta, perdagangan, dan
lain sebagainya. Perkembangan dunia bisnis yang sekarang sedang menjamur di
masyarakat adalah bisnis di bidang Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK).
Adapun bisnis yang menjamur di sekitar lingkungan yaitu bisnis Warung Internet
(Warnet) dan Game Online, Kursus Komputer, atau bahkan ada yang membuka jasa
pengetikan tugas akhir atau skripsi. Disini saya akan membuat sebuah rencana
bisnis di bidang Pembuatan Souvenir berbentuk plakat dan karikatur untuk hadiah
ulang tahun, pernikahan, dan wisuda. Usaha ini akan saya beri nama “AyuzArt”.
GAMBARAN UMUM
AyuzArt adalah perusahaan yang
bergerak dibidang jasa pembuatan karikatur dan perancangan, pendesaian plakat
yang terbuat dari bahan akrilik maupun bahan resin yang ada di Jakarta.
Macam-macam souvenir yang kami
produksi meliputi plakat resin, plakat akrilik, dan karikatur. Produk yang kami
buat dipesan untuk kepentingan promosi, kenang-kenangan, cenderamata atau
souvenir untuk wisuda & hadiah perlombaan/contest. Beragam bentuk &
model serta bisa pesan sesuai dengan model sendiri.
SUMBER
INFORMASI TENTANG PENAWARAN ATAU PELUANG PROYEK TIK
Jenis produk-produk yang dihasilkan
atara lain:
a.
Cetak Foto Karikatur
-
Mencetak foto dengan berbagai ukuran seperti A4 dan F4
-
Pelanggan dapat memberikan desain sesuai keinginan sendiri
-
Selain mendapatkan hardcopy, pelanggan juga mendapatkan softcopy dari
hasil tersebut.
b.
Plakat
Menghasilkan plakat dari bahan
akrilik dan bahan resin dengan berbagai macam bentuk mulai dari ukuran S, M,
dan L, serta gambar yang tertera pada plakat dapat di custom sesuai keinginan.
Produk jasa yang ditawarkan ini
mempunyai suatu keunggulan yakni :
a.
Proses pengerjaannya menggunakan teknologi komputer sehingga lebih
efisien.
b.
Tanpa minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan
dan anggaran mereka.
Bahan baku dan peralatan yang
digunakan :
-
3 Unit Komputer Baru
-
Monitor LCD
-
Printer Epson (2 unit)
-
Kertas HVS ukuran A4 dan F4
-
Scanner Canon (2 unit)
-
Bingkai foto ukuran A4 dan F4
-
Bahan akrilik
-
Bahan resin
-
Kertas backlite
Identifikasi sumber tempat membeli
barang-barang tersebut :
-
Toko komputer dan aksesoris
-
Supplier plakat
-
Toko alat-alat tulis kantor
Kebutuhan Modal :
Model yang diperlukan dalam pendirian
usaha Jasa Pengetikan dan Revisi adalah kurang lebih sebesar Rp. 6.780.000.-
(Empat Belas Juta Rupiah) dengan perincian penggunaan sebagai berikut
1.
Komputer Rp. 3.200.000,-
2.
Printer Epson Rp. 1.105.000,-
3.
Scanner Rp. 700.000,-
4.
Bahan akrilik Rp. 700.000,-
5.
Bahan resin Rp. 800.00,-
6.
Bingkai foto Rp.
20.000,-
7.
Kertas backlite Rp. 100.000,-
8.
Kertas HVS Rp. 80.000,-
9.
Meja Rp. 45.000,-
10.
Kursi Rp. 30.000,-
Jumlah modal : Rp.6.780.000,-
Daftar Harga jual Produk :
a.
Cetak Karikatur
Rp. 235.000,-
-
Ukuran A4 Rp.
85.000,-
-
Ukuran F4 Rp.
150.000,-
b.
Plakat akrilik dan resin
Rp. 465.000,-
-
Ukuran S Rp.
130.000,-
-
Ukuran M Rp.
155.000,-
-
Ukuran L Rp.
180.000,-
Sumber Daya Manusia:
Usaha Jasa Pembuatan Souvenir ini
dikelola oleh 5 orang sebagai berikut:
-
1 orang sebagai Manager
-
2 orang sebagai Staff Produksi
- 1 orang sebagai Staff marketing
-
1 orang sebagai Staff Keuangan
a. Tugas staff sebagai berikut :
·
Manager, bertanggung jawab antara lain:
-
Bertanggungjawab atas kelangsungan usaha
-
Mengarahkan dan memberi motivasi pada anggota
-
Menjalin hubungan kerja dengan
mitra bisnis
-
Bertanggung jawab untuk mengembangkan usaha
·
Staff Produksi, bertanggung jawab:
-
Bertanggungjawab terhadap kegiatan produksi
-
Mengetik dan revisi sesuai permintaan pelanggan
-
Mencatat semua order yang masuk
-
Memberikan pertimbangan berkaitan dengan pengembangan usaha
-
Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
·
Staff Marketing, bertanggung jawab antara lain :
-
Bertanggung jawab terhadap kegiatan pemasaran
-
Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama
mengenai pemasaran
-
Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
·
Staff Keuangan, bertanggung jawab antara lain:
-
Mengatur arus kas masuk dan keluar
-
Mengatur pemberian kompensasi kepada anggota
-
Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama
mengenai keuangan
-
Membantu pemasaran
-
Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
Peluang Usaha
Melihat hasil analisis pesaing serta
potensi permintaan pasar yang cukup besar, usaha ini masih memungkinkan untuk
bersaing dengan jasa-jasa pengetikan lainnya. Dengan pelayanan Jasa Pengetikan
yang minimum order dan harga terjangkau menjadikan peluang untuk bisa bersaing
dengan tempat jasa pengetikan yang lain.
KEBUTUHAN
DOKUMEN YANG TERTUANG DALAM KAK (KERANGKA ACUAN KERJA) ATAU TOR (TERM OF
REFERENCE) ATAU BIDDING DOCUMENT
Identifikasi kebutuhan adalah salah
satu kegiatan dalam penyusunan rencana umum pengadaan. Kegiatan lain yang juga
menjadi bagian dalam penyusunan rencana umum pengadaan adalah penyusunan dan
penetapan Kerangka Acuan Kerja (KAK). KAK adalah acuan dalam setiap pengadaan
barang/jasa yang terdiri atas:
1.
Uraian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi latar belakang, maksud,
dan tujuan, lokasi kegiatan, sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang
diperlukan. Latar belakang usaha ini karena melihat potensi lingkungan sekitar
permintaan akan kado unik yang semakin meningkat.
2.
Waktu yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan/pekerjaan tersebut
mulai dari pengumuman, rencana pengadaan sampai dengan penyerahan barang/jasa.
Waktu yang diperlukan untuk membuka usaha ini sesuai kelengkapan pengadaan
barang-barang, peralatan dan lainnya.
3.
Spesifikasi teknis barang/jasa yang akan diadakan. Dalam usaha jasa
pembuatan kado yang akan diadakan seperti cetak foto karikatur dan pembuatan
plakat dengan ukuran S, M, dan L.
4.
Besarnya total perkiraan biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang
harus dibebankan pada kegiatan tersebut. Dalam pengadaan jasa pembuatan kado
total perkiraan modal sekitar Rp. 6.780.000,-.
Istilah lain yang sering digunakan
untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK dan RAB merupakan
dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan dan termasuk dalam dokumen
anggaran K/L/D/I.
Permasalahan yang terjadi di
lapangan, karena proses pengadaan yang dilakukan dimulai dari identifikasi
kebutuhan yang mengada-ada, maka penyusunan KAK juga hanya dilakukan setengah
hati dan sekedar untuk menggugurkan kewajiban dokumen dalam penyusunan anggaran
belaka.
Sering terjadi, karena sifat
pekerjaan selalu berulang setiap tahun, maka KAK yang disusun hanya sekedar
“save as” dari dokumen KAK tahun sebelumnya. Cukup dengan mengganti jumlah
sasaran dan mencocokkan nilai anggaran dengan standar biaya terbaru bahkan
dengan menyusun waktu secara asal-asalan maka KAK sudah siap dijadikan lampiran
pembahasan anggaran.
Inilah yang menyebabkan proses
pengadaan menjadi kacau balau, karena ruh utama pengadaan, yaitu identifikasi
kebutuhan tidak tersampaikan secara jelas dan dipahami secara mendalam serta
dituliskan secara terukur. Proses penyusunan KAK berhenti hanya sebatas
pemenuhan persyaratan administratif dalam penganggaran.
KOMENTAR
Dari sekian banyak kesempatan bisnis
yang ingin dijalankan semua tergantung dengan kemapuan yang dimiliki. Kemampuan
atau skill memang sangat mempengaruhi bisnis ini, namun dalam mencapai
keberhasilan bisnis terdapat beberapa hal yang mempengaruhi.
Teknologi komputer saat ini semakin
canggih, menjadikan hasil yang diperoleh akan semakin baik, dan proses produksi
menjadi semakin cepat dan mudah. Bisnis ini diperuntukkan bagi mereka yang
ingin memberikan hadiah sebagai kenang-kenangan indah yang tak terlupakan,
apalagi bisnis ini dapat membebaskan para pelanggan untuk memberikan ide
ataupun desain langsung sesuai keinginannya. Hadiah ini dapat mereka berikan
dalam bentuk kado pernikahan, kado ulang tahun, maupun kado wisuda.
Dalam usaha digital printing ini juga mempunyai
kekurangannya yaitu adanya persaingan apabila ada banyak tempat digital
printing lainnya, selalu melakukan perawatan pada peralatan yang ada, kerusakan
perlengkapan seperti print macet (tidak tercetak), customer yang tidak menentu
sehingga laba yang didapat tidak pasti.
Komentar
Posting Komentar