Mengenal Potensi Car Advertising Pada StickEarn



StickEarn adalah platform iklan luar ruangan yang menghubungkan pengemudi dengan pengiklan untuk menciptakan iklan berjalan yang mengesankan dan mudah diingat.
StickEarn menyediakan iklan yang terukur dan tepat sasaran.

Car branding atau car advertising sejatinya bukanlah sebuah mekanisme baru dalam periklanan. Menjadi sebuah terobosan karena saat ini startup mulai memfasilitasi konsumen dan brand sebuah jembatan untuk saling terhubung. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Stickearn.

Melalui sebuah sistem berbasis web dan mobile, Stickearn memberikan kemudahan untuk pemilik mobil bisa menawarkan diri kepada brand untuk beriklan di mobilnya. Brand (dalam hal ini advertiser) diberikan kemudahan untuk memilih model iklan seperti apa yang ingin ditempelkan ke mobil tersebut.

Keuntungan lainnya, advertiser dapat memantau secara real time mobilitas dan jarak tempuh iklan tersebut melalui dashboard aplikasi khusus. Dashboard juga dapat menghitung secara akurat seberapa besar impresi yang terbentuk dari pemasangan iklan, sehingga para advertiser dapat menerima efek iklan dengan sangat akurat.

Stickearn didirikan pada Januari 2017 oleh Garry Limanata, Sugito Alim, Hartanto Alim dan Archie Carlson. Setidaknya sudah 31 brand yang bekerja sama dengan Stickearn saat ini. Startup yang berkantor pusat di Cempaka Putih ini juga mengklaim telah menjangkau di 13 kota besar di Indonesia.

Selain berteman baik, Garry Limanata beserta pasangan kakak beradik Hartanto Alim dan Sugito Alim, punya banyak kesamaan. Ketiganya sama-sama menimba ilmu bisnis dan keuangan di Amerika Serikat. Setelah mendapat pengalaman di luar negeri, mereka bertiga pun kembali ke Indonesia untuk menjalankan bisnis orang tua mereka masing-masing.

Bersama dengan Archie Carlson, rekan Hartanto semasa SMA, mereka pun memutuskan untuk membuat startup di bidang otomotif yang bernama StickEarn. Garry sendiri merupakan sosok yang dekat dengan bisnis tersebut, karena ia merupakan Managing Director dari Ziebart Indonesia, agen tunggal produk pelindung mobil Ziebart di tanah air.

Archie sendiri merupakan lulusan jurusan ekonomi dan komputer dari New York University yang pernah bekerja di bidang konsultasi untuk bank internasional di Singapura. Sedangkan Hartanto dan Sugito masing-masing merupakan General Manager dan Assistant Managing Director dari PT. Maspion. Berasal dari keluarga yang sudah memiliki bisnis, mereka sangat tertarik pada budaya startup yang sedang berkembang.

StickEarn sendiri merupakan startup yang memungkinkan perusahaan untuk memasang iklan di bodi mobil. Para pemilik dari mobil yang dipasang iklan nantinya akan mendapat pemasukan sesuai dengan jarak perjalanan yang mereka tempuh. Layanan ini serupa dengan beberapa startup lain yang telah beroperasi di tanah air, mulai dari Ubiklan, Promogo, Sticar, hingga Karta.

Saat ini Stickearn juga tengah melakukan kerja sama eksklusif dengan Grab melalui top performingdrivers. Tingkat mobilitas pengemudi Grab yang tinggi tentunya menghasilkan pengaruh dan kolaborasi yang baik antara pengiklan dan mitra Stickearn. Dengan terus meningkatnya ketertarikan para pemasar terhadap branding ini, Stickearn juga akan memperluas bisnisnya dengan pemasangan iklan di kendaraan roda dua.

Potensi penggunaan car branding untuk periklanan masa kini

    Sebuah survei dari The American Trucking Association menunjukkan grafik yang selalu meningkat pada tingkat keefektifan iklan di kendaraan. Studi menyatakan 97% responden mengingat iklan yang dipasang pada kendaraan, 98% berpikir bahwa iklan tersebut menciptakan citra positif dari pemasang iklan. Sementara itu, 96% responden meyakini bahwa iklan di kendaraan lebih efektif ketimbang reklame dan 75% responden berkesan dengan brand yang diiklankan pada kendaraan tersebut.

Studi lain yang tak kalah menarik dari The Outdoor Advertising Association of America (OAAA) menunjukkan bahwa 95% orang Amerika terpapar iklan dari kendaraan yang lalu lalang dan 47% responden berusia 18-34 tahun berkesan setelah melihat iklan tersebut.

Lalu kondisi tersebut dihubungkan dengan masyarakat Jakarta rata-rata menghabiskan 400 jam per tahun di jalanan untuk bepergian dan bekerja. Artinya, rata-rata satu kali perjalanan di Jakarta ditempuh dalam waktu 2 jam. Terlebih pada hari-hari tertentu, 35% orang di Jakarta hanya menghabiskan waktu mereka di jalan. Sejalan dengan meningkatnya jumlah kendaraan dan pesatnya perkembangan teknologi tentunya hal ini membuka peluang bagi pemain seperti Stickearn.

Potensinya yang besar juga membuat para pemain di bidang car advertising, sebut saja nama seperti Klana, Wrapmobil atau bahkan Sticar yang saat ini mengklaim sudah memiliki 1000 mitra. Tentu diperlukan strategi jitu dalam mengeksplorasi pasar.

Strategi untuk bersaing dengan pemain lain

Kerja sama yang baik menjadi kunci kesuksesan bisnis ini. Yang menjadi pembeda Stickearn pihaknya kini mempunyai hubungan kerja sama yang baik dengan perusahaan jasa transportasi online. Setiap driver diberikan KPI (Key Performance Indicator) 2500 km per bulan. Kemudian untuk memastikan kualitas berjalan dengan baik, konsultasi gratis dan jasa desain juga diberikan.

Turut dibahas juga terkait dengan regulasi kendaraan bermotor. Umumnya mobil atau motor harus memiliki warna yang sama dengan apa yang tertulis di surat kendaraan bermotor. Dengan pemasangan stiker sedikit banyak pasti akan mengubah warna tersebut. Sugito menjelaskan, bahwa di Stickearn full-body stickers pun hanya 60 persen saja, artinya warna dasar tetap tidak akan berubah dan masih sesuai dengan yang tertera di kendaraan bermotor.


Kendati butuh melakukan akselerasi cepat, hingga saat ini Sitckearn belum membuka pendanaan investor dari luar manajemen.

Selain itu, StickEarn juga berusaha menghadirkan pelayanan yang lengkap mulai dari konsultasi sebelum pemasangan iklan, hingga analisis data setelah iklan terpasang. Mereka pun mencoba untuk menawarkan ide-ide kreatif kepada para calon pemasang iklan, agar mereka bisa mendapat engagement yang lebih kuat dengan para konsumen yang melihat iklan tersebut.

Komentar

Postingan Populer